Tuesday, March 29, 2016

Tabungan vs Wanita

Edit Posted by with 1 comment
Hai guyss.. Hari ini tulisanku seputar Menabung.. Ya tabungan... 
Jujur aja buat gw menabung adalah hal yang cukup susah dilakuin. Kenapa? ya karena wanita... Wanita ada makhluk yang doyan banget belanja, mata langsung ijo kalo liat diskonan, nggak bisa tahan diri kalo liat barang lucu di instagram, bilangnya lagi BT dan butuh moodbooster yaitu shopping, and anything lah dengan segala alasan untuk hal ini. 

Dulu  (ya bisa dibilang sampe sekarang sih), menurut ku kita kaum wanita kerja ya harus bisa memanjakan diri, menyenangkan diri sendiri, dan memuaskan apa yang kita nggak bisa beli sendiri waktu sekolah <bener gak sih (o_o)>, dan tabungan adalah sisa uang bulanan kita yang gak kepake baru ditabung, kalo gak ada sisa ya brarti bulan ini gak nabung, dan begitu juga bulan-bulan berikutnya (pemahaman yang salah T_T)

Sekarang gw baru kerasa, ternyata fungsi tabungan itu bener-bener ada impactnya banget. Makanya lewat tulisan gw ini, gw mau berbagi sedikit lah gmn caranya gw nabung dan kebukti berhasil lhoo,, dengan kita nggak lupain jalan-jalan, dan tetep bisa shoppping, makan di resto yang kekinian.. yeyy \(*_*)\

- Langkah pertama : 
  Setelah kita gajian langsung buat presentase pengeluaran, tabungan, investasi dan apapun itu lah. Contohnya ni, kita gajian sebulan 3.000.0000 (anggep aja segini lah ya,, bukan gaji sebenarnya),, kita bagi 65% pengeluaran, 20% tabungan, 15% investasi (itu proporsi gw yaa guys ^^).
Jadi kita sebulan punya 1.950.000 buat jajan and shopping, 600.000 ditabung, dan 450.000. 
- Langkah Kedua
 Langsung pisahin uang-uang tersebut di tempat yang berbeda,, Inget ya guyss,, jangan buat rekening tabungan jadi satu dengan rekening pengeluaran,, HARAMM!! pasti bakalan kepake tu tabungan. Buatlah 2 rekening yang berbeda untuk pengeluaran dan tabungan. Jadi tabungan kita akan tetep aman ^^
- Langkah Ketiga
 Untuk uang investasi bisa kalian investasi emas, reksadana, deposito, atau lainnya yang mungkin menurut kalian lebih tepat (tapi bedain investasi sama tabungan ya guyss)
- Langkah Keempat
 Buatlah pos lagi untuk uang pengeluaran kamu,, ini contoh pos-pos nya (bisa beragam ya guys)
 Makan 24 hari : Rp 600.000 (asumsi 24 hari cuman senin-jumat kita makan sehari @25rb)
 Makan 6 hari   : Rp 300.000 (asumsi tiap sabtu minggu kita jajan diluar @50rb)
 Shopping         : Rp 500.000 (dibatesin ya guys shopping baju, tas, dan sepatu)
 Perawatan        : Rp 300.000 (masih bisa cantik dengan facial, beli krim, dsb)
 Lain-Lain         : RP 250.000 (ini dana-dana darurat guys, kalo semisal ada temen ultah dan kita harus beli kado, dll)

Itu cara yang gw lakuin guys, dan kebukti ampuh tu, dan gw bisa punya tabungan. Oya, kalo menurut kalian pengeluaran segitu terlalu besar dan kalian masih bisa 'press', bisa kog dialokasikan di pos-pos lainnya,, dan kalo ada sisa pengeluaran bisa dimasukin ke tabungan juga guys, gak harus diabisin segitu. 

Oke guyss,, selamat menabung yaaa... Wanita juga bisa menabung lho dan bisa punya investasi juga, dan bisa tetep tampil cantik dan modis, dan yang pasti tetep bisa shopping, makan-makan yang kekinian dan and then 'posting di medsos', hahaha..

Cu di postingan selanjutnya
 

1 comment: